Minggu, 02 Juni 2013

Program Keaksaraan Fungsional 2012


Alhamdulillah pada tahun 2012, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Puncang Hijau berhasil melakuksanakan Program Keaksaraan Fungsional. Kegiatan tersebut merupakan kelanjutan dari Program Keaksaraan Mandiri. Setelah melangsungkan pelatihan baca dan menulis, upaya pemberdayaan masyarakat perlu ditingkatkan dengan memberikan pelatihan dalam bidang softskill, khususnya kewirausahaan. Program pelatihan kewirausahaan ini bertujuan meningkatkan keterampilan masyarakat miskin yang memiliki keterbatasan pendidikan sehingga tetap mampu meningkatkan kemampuan ekonominya.
Program tersebut tebagi menjadi dua, yaitu Kegiatan Keaksaraan Dasar dan Keaksaraan Usaha Mandiri yang merupakan upaya pemerintah untuk menuntaskan permasalahan buta aksara melalui kegiatan pendidikan keaksaraan dan layanan pendidikan. Program aksara membangun peradaban antara lain pendidikan keaksaraan, aksara kewirausahaan, pendidikan pemberdayaan perempuan dan anak, pengarusutamaan gender peningkatan budaya baca masyarakat serta penguatan kelembagaan pendidikan masyarakat. Pelaksanaan progam-program pendidikan masyarakat tersebut perlu terus dikembangkan dan diperbaharui, melalui pemikiran kreatif dan inovatif, khususnya dalam diversifikasi layanan yang berpihak pada keluasan dan keragaman cakupan sasaran dengan menerapkan unsur-unsur pemberdayaan masyarakat berikut.

-       Swa manajemen (self managed)

-       Lingkungan sepanjang hayat

-       Menghargai norma, nilai dan budaya

-       Program berbasis kebutuhan

-       Masyarakat berperan dalam pengendalian dan pengawasan program

-       Pemberdayaan sebagai ciri utama

-       Berakar pada nilai-nilai sosial

-       Berbasis pengalaman

-       Partisipatif dan demokratis
  Berbasis kecakapan hidup

Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat sangat menyadari bahwa upaya pemberda yaan masyarakat sebagaimana digambarkan di atas tidak mungkin dilakukan sendiri tanpa kerjasama kemitraan dan ketersediaan lembaga masyarakat yang memadai. Oleh karena

itu, berbagai program pemberdayaan masyarakat tersebut secara simultan disertai dengan beberapa layanan kemitraan dan penguatan kelembagaan pendidikan masyarakat.
Melalui kerjasama dengan lembaga PKBM Puncang Hijau, harapannya peningkatan kualitas pendidikan bagi masyarakat miskin dapat berjalan lancar demi pembangunan yang lebih baik di masa mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar